Optimalisasi Penggunaan MS OFFICE Untuk Mengelola Adminitrasi
Usia 18 - 60 Tahun | Minimal Pendidikan SD
Deskripsi
Pelatihan ini menggunakan moda MANDIRI
Okupasi Pelatihan : Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020 World Bank :General Office Clerks- 4110
Rujukan Okupasi : INDOTASK 2020
TUJUAN PELATIHAN
Peserta pelatihan mampu mendemonstrasikan pembuatan surat-menyurat administrasi perkantoran dengan ketepatan pemahaman materi 75% pada saat unjuk keterampilan. Meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keterampilan dalam pengelolaan administrasi kantor untuk tujuan profesionalisme dan kinerja optimal.
Kompetensi yang dilatih
N.821100.057.02 : Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
N.821100.006.01 : Membuat Laporan Tertulis
N.821100.003.02 : Menciptakan Dokumen/Lembar Kerja Sederhana
N.821100.053.02 : Memproduksi Dokumen di Komputer
N.821100.056.02 : Memelihara Data di Komputer
N.821100.064.01 : Mengoperasikan Sistem Informasi
Urutan Pembelajaran
SESI 1 : PENGETAHUAN DAN TUJUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN.
SESI 2 : FUNGSI DAN TUGAS ADMINISTRASI PERKANTORAN.
SESI 3 : PENGELOLAAN DAN LAPORAN DOKUMEN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD.
SESI 4 : MENGELOLA PERHITUNGAN DATA LAPORAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL.
SESI 5 : PEMBUATAN LAYOUT DAN DESAIN PRESENTASI MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT
Tujuan Sesi Pelatihan :
- peserta diharapkan mampu memahami bagaimana aplikasi administrasi perkantoran digunakan
- Peserta pelatihan mampu melakukan pembuatan dokumen dengan fitur fitur yang tersedia
- Peserta pelatihan dapat mengelola dokumen administrasi dengan baik dan benar
- Peserta pelatihan mampu melakukan pendataan menggunakan aplikasi ms excel
- Peserta pelatihan dapat menerapkan pembuatan presentasi menggunakan Powerpoint dengan baik
Syarat Mengikuti Kelas :
- Minimal lulusan SMA/SMK/sederajat.
- Usia 18-55 tahun.
- Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
- Fresh graduate atau individu yang ingin memulai atau mengembangkan karir di bidang administrasi perkantoran.
- Mampu menggunakan komputer (Microsoft Office: Word, Excel, PowerPoint).
- Familiar dengan teknologi komunikasi seperti email dan aplikasi berbasis cloud.
- Memiliki gawai (laptop atau smartphone) untuk mengakses materi online jika diperlukan.
- Bersedia mengikuti pelatihan hingga selesai sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
- Memiliki minat dalam bidang administrasi perkantoran, pengelolaan data, atau pekerjaan administrasi lainnya.

Eka Sukmana, M.Pd
Instruktur
Eka Sukmana adalah seorang Konsultan IT dan Instruktur berpengalaman dengan keahlian yang luas di bidang teknologi dan pendidikan. Sejak Juli 2018, ia berperan sebagai Konsultan IT di sebuah lembaga training, menganalisis berbagai aspek komputerisasi, termasuk perangkat lunak, perangkat keras, dan kebutuhan teknologi lainnya. Sebelumnya, sejak Juli 2022, ia telah menjadi Instruktur green jobs di astha academy, di mana ia merencanakan materi kursus dan mengajar pelajar dalam bidang hidroponik dan penghijauan lahan .